Langsung ke konten utama

TULISAN 2 REVIEW FILM THE MAZE RUNNER 2 (THE SCORCH TRIALS) 2015

Setelah berhasil lolos dari labirin, Thomas di bawa ke sebuah kamp misterius. Ingatan masa lalunya pun telah dikembalikan. Kepala camp menyebutkan dirinya kini telah dalam perlindungan. Disana, Thomas menemui banyak remaja seusianya. Dan ia akhirnya mengetahui bahwa dirinya bukan satu-satunya yang diletakan pada permainan labirin dan berhasil meloloskan diri. Semua yang berkumpul di kamp tersebut adalah mereka yang berhasil lolos dari labirin milik Wicked.

Thomas masih bisa bertemu dengan teman-temannya yang lolos dari labirin yang sama yaitu Newt, Teresa, Minho, Winston dan juga Frypan. Tapi Thomas masih mencurigai bahwa kamp tersebut menginginkan sesuatu dari mereka. Setiap harinya ada beberapa anak yang dipilih,  dan kemudian dipisahkan. Kepala kamp menyebutkan bahwa yang terpilih adalah mereka yang akan memulai kehidupan yang baru. Namun tak pernah ada yang tahu seperti apa kehidupan yang baru itu.

Tiba-tiba di suatu malam, seorang anak lelaki masuk ke kamar Thomas melalui lubang ventilasi udara. Thomas terkejut dengan apa yang dilakukan anak lelaki tersebut. Diketahui, anak lelaki tersebut adalah yang paling dahulu tiba di kamp dan selalu menyendiri. Anak lelaki tersebut bernama Aris, yang kemudian menunjukan suatu hal pada Thomas. Kecurigaan Thomas tentang kemana perginya ‘mereka yang terpilih’ menjadi kenyataan.

Thomas dan Aris menemukan di dalam sebuah lab, mereka yang terpilih rupanya ‘dipanen’ karena darah mereka memiliki kekebalan dari Crank. Crank adalah makhluk parasit yang menjadikan manusia sebagai inang, dan merubahnya menjadi zombie. Crank telah menghancurkan kehidupan manusia di permukaan bumi, dimana jutaan orang telah berubah menjadi mayat hidup.

Thomas menyadari bahwa ini kamp ini bukanlah tempat perlindungan melainkanmasih merupakan operasi dari Wicked. Tak mau dirinya menjadi objek ‘panen’, ia dan teman-temannya pun mencari cara untuk melarikan diri. Tapi mereka juga tahu bahwa diluar sana ia setiap waktu bisa menjadi santapan empuk Crank. Lalu apakah yang harus dilakukan thomas dan kawan-kawan. Apakah mereka memilih menjadi objek panen atau menghadapi ribuan Crank hanya dengan sebelas orang rekannya?

Di sekuel kedua ini, The Maze Runner menampilkan apa yang benar-benar saya inginkan dari film adventure. Film ini telah berubah dari sekedar kisah survival dari seorang Thomas, menjadi action drama post-apocalypte yang sangat kompleks dari segala hal. Sebut saja beberapa film seperti The Island, Mad Max, The Walking Dead, Divergent, dan  I am Legend, yang kemudian digabungkan menjadi satu film, maka itu bisa sedikit menggambarkan apa yang saya saksikan dari The Maze Runner : Scorch Trial.

The Maze Runner ”Scorch Trial” menabrakan beberapa elemen yang kuat dalam film, dimana semua penggarapanya terasa benar-benar matang. Mengadaptasikan cerita dari novel ke dalam film tentu bukan lah hal yang mudah. Pastinya harus bisa memenuhi harapan dari para penggemar yang telah membaca terlebih dahulu ceritanya melalui buku novel. Dalam film harus bisa menghadirkan seluruh cerita dalam waktu lebih singkat, tetapi tetap tak mengorbankan detail cerita yang ada. Dan film ini sepertinya bisa memenuhi harapan tersebut. Alur yang singkat, padat  dan jelas, membuat penonton tak merasa film ini jadi suguhan yang monoton.

Tentunya The Maze Runner: The Scorch Trial membawa konflik yang lebih luas dan kompleks. Thomas dan kawan-kawan masih terus berlari dari kejaran wicked, tapi keselamatan mereka tak hanya terancam dari satu musuh saja. Apa yang mereka temukan di dunia luar yang rupanya telah mengalami kehancuran, lebih mengerikan dari yang mereka bayangkan sebelumnya. Selain itu adegan drama juga digarap lebih mendalam dan menghanyutkan emosi penonton,  tentang pemberontakan, pengkhianatan,  persahabatan hingga romansa.

Masih tetap pelarian dari musuh, di sini kita terasa seperti menyaksikan sebuah serial dimana timing antara ketegangan satu dan lainnya memiliki periode yang teratur. Seolah loncat dari satu titik aman ke titik aman lainnya, penonton perlu menghela nafas sejenak sebelum lanjut menuju ketegangan lainnya. Polanya pun progresive, karena hingga bagian akhir semua ketegangan semakin meningkat.

Penataan adegan baik dialog dan aksi dikemas seimbang. Tidak terlalu banyak dialog, apalagi yang biasanya hanya membuang waktu penonton dengan ucapan analogi yang tidak jelas, The Maze Runner memberikan dialog antar pemain lebih mudah dimengerti. Mungkin karena film ini memang menargetkan segmen remaja, sehingga apa yang disampaikan sebisa mungkin harus lebih simpel. Tak Cuma menjelaskan apa yang terjadi di sekuel kedua, dari dialog yang dimainkan oleh para pemeran, kita bisa mengambil flashback dari cerita di sekuel sebelumnya. Bahkan jika Anda belum menyaksikan sekuel film pertama, menyaksikan sekuel film kedua langsung tak akan membuat anda kebingungan dengan alur cerita yang terjadi.

Untuk adegan action, The Maze Runner memang selalu di dominasi dengan adegan berlari. Tapi yang menjadi spesial adalah background lokasi yang digunakan selalu berhasil memicu ketegangan lebih tinggi. Spesial effect jadi keunggulan nomer satu untuk memberikan background yang dramatis. Penggambaran kota yang hancur, badai pasir yang menerjang, lorong-lorong bawah tanah penuh mayat hidup, hingga bangunan-bangunan yang runtuh terkesan begitu memukau sekaligus  menyeramkan. Dan berlari di semua lokasi tersebut, kita akan merasa ikut berkejaran dalam petualangan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI PRODUKSI DAN FUNGSI BIAYA

BAB I PENDAHULUAN 1.1      Latar Belakang Untuk mengetahui biaya produksi dan penawaran suatu barang, yang pertama kali harus diketahui adalah prinsip produksi suatu perusahaan. Prinsip produksi dalam teori ekonomi mikro dapat digunakan untuk mendapatkan besarnya ongkos serta penawarannta dan juga mendasari penentuan harga dan jumlah tenaga kerja, alokasi sumber-sumber serta distribusi produksi. Teori produksi sebagaimana teori perilaku konsumen merupakan teori pemilihan atas berbagai alternatif yang tersedia. Dalam hal ini keputusan yang diambil oleh seorang produsen dalam menentukan pilihan atas alternatif tersebut. Produsen mencoba memaksimumkan produksi yang bisa dicapai dengan suatu kendala ongkos tertentu agar dapat dihasilkan profit (keuntungan) yang maksimum. 1.2      Rumusan Masalah 1.       Mengetahui Fungsi Produksi. 2.       Mengetahui Fungsi Biaya. BAB II PEMBAHASAN 2.1      Fungsi Produksi Teori produksi merupakan teori pemilihan atas be

MANFAAT MENGGOSOK GIGI DI MALAM HARI

Kapankah waktu paling baik untuk menyikat gigi? Jawabnya adalah malam hari! Sudah tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa menyikat gigi pada malam hari sangatlah penting. Sampai-sampai jika dibandingkan dari beberapa waktu lainnya untuk menyikat gigi dalam sehari, maka sikat gigi pada malam harilah yang paling dianjurkan. Namun bukan berarti kita jadi meninggalkan sikat gigi di waktu lainnya. Karena pada prinsipnya waktu menyikat gigi  paling ideal adalah minimal pagi hari  setelah sarapan dan pada malam sebelum tidur. Lebih jauh, berikut ini adalah 3 alasan utama kenapa kita harus menyikat gigi di malam hari, antara lain: 1.      Karena bakteri lebih cepat berkembang biak di malam hari Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri  untuk berkembang biak leb

KOMPARASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN DI INDONESIA DAN MALAYSIA

Sistem Akuntansi Keuangan di Indonesia Penerapan sistem akuntansi pemerintahan dari suatu negara akan sangat bergantung kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku pada negara yang bersangkutan. Ciri-ciri terpenting atau persyaratan dari sistem akuntansi pemerintah menurut PBB dalam bukunya A Manual for Government Accounting, antara lain disebutkan bahwa: 1. Sistem akuntansi pemerintah harus dirancang sesuai dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada suatu negara. 2. Sistem akuntansi pemerintah harus dapat menyediakan informasi yang akuntabel dan auditabel (artinya dapat dipertanggungjawabkan dan diaudit). 3. Sistem akuntansi pemerintah harus mampu menyediakan informasi keuangan yang diperlukan untuk penyusunan rencana/program dan evaluasi pelaksanaan secara fisik dan keuangan. Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (SAPP) adalah sistem akuntansi yang mengolah semua transaksi keuangan, aset, kewajiban, dan ekuitas dana pemerintah pusat, yang menghasil